5 Fitur Canggih dan Kelebihan Android 10 Yang Wajib Diketahui Publik

5 Fitur Canggih dan Kelebihan Android 10 Yang Wajib Diketahui Publik

Posted by MisterSeekers.com
09 May 2020

5 Fitur Canggih dan Kelebihan Android 10 Yang Wajib Diketahui Publik

Pada bulan September 2019 lalu Google resmi merilis Android 10 sebagai sistem operasi mobile terbaru besutannya. Google berjanji untuk menggunakan penamaan berbasis numerik alih-alih dengan abjad, tidak lagi seperti Android pendahulu nya yang menggunakan nama makanan. Sebelum menjadi Android 10, sistem baru ini dikenal sebagai Android Q, sesuai pola penamaan alfabetis Android.

Pada sistem android 10 Fitur yang paling menonjol dari Android 10 adalah adanya mode gelap alias Dark Mode dan Navigasi Gesture. Selain itu pada sistem Android 10 mempunyai sistem Privasi yang canggih. Selain itu banyak juga fitur-fitur canggih lainnya yang di usung oleh Android 10 atau Android Q ini. Meski begitu tidak semua jenis ponsel bisa menggunakan sistem Android 10, hanya beberapa jenis Smarphone terbaru dan canggih saja.


Berikut beberapa beberapa fitur canggih dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Android 10:

1. Adanya Fitur Dark Mode (Mode Gelap)

Fitur terbaru ini dapat membuat antarmuka smartphone menjadi versi yang lebih gelap dari sebelumnya. Aplikasi yang menggunakan Dark Mode (mode gelap) yaitu Twitter. Tetapi pada Twitter  mode gelap hanya bisa dilihat melalui komputer.
Google juga menggunakan application programming interface (API) baru sehingga nanti aplikasi-aplikasinya akan ikut menggunakan mode gelap ketika mode ini diaktifkan.

2. Sistem Privasi yang Canggih

Dibandingkan dengan sistem pendahulunya, Android 10 ini memang mempunyai sistem terbaru yang lebih canggih, misal nya saat membagikan lokasi Android 10 hanya bisa membagi lokasi dengan menggunakan aplikasi tertentu yang berizin, dan tidak akan membagi tanpa persetujuan atau tanpa adanya aplikasi terkait yang berjalan.
Semua fitur terbaru dan fitur lawas terkait keamanan Cyber dan Privasi akan bisa teraplikasi secara langsung tanpa reboot.

3. Sistem Navigasi Gesture yang mirip iOS

Walaupun navigasi gesture sudah hadir sejak Android Pie (9), tetapi pada Android10 telah menggunakan navigasi yang benar-benar gesture seluruhnya. Bahkan pihak Google telah menghilangkan panel navigasi yang ada di bagian bawah layar.
Sekarang untuk back, home, maupun recent, pengguna bisa menggunakan usapan layar dari sisi-sisi layar. Dari atas untuk home, dari sisi yang lain untuk back, serta usapan dari bawah dan tahan untuk recent.

4. Akses Internet yang lebih Baik

Selain meningkatkan kinerja Wi-Fi, Android 10 juga dilengkapi dengan mode high performance dan low latency. Dengan mode ini, kinerja Wi-Fi akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari aplikasi yang digunakan.

5. Aplikasi Foto Dynamic Depth

Pada Android 10, Google menambahkan format gambar baru yang disebut dengan Dynamic Depth. Dengan format baru ini, aplikasi kamera pihak ketiga dapat mengambil gambar dengan latar samar (blur) dengan lebih baik. Hal ini sangat membantu dalam menghasilkan hasil foto yang maksimal.

Demikian beberapa ulasan kelebihan dan fitur canggih yang dimiliki android 10 yang wajib kita ketahui, hanya beberapa saja yang dapat penulis sajikan. Selain kelebihan-kelebihan diatas masih banyak lagi fitur canggih dan kelebihan lain nya yang dimiliki sistem Android 10 tersebut. 
Semoga kita semua bisa memiliki smarthphone canggih yang sudah bersistem Android 10 (Q).