Telah dibuka Pendaftaran Beasiswa Calon Mahasiswa Tidak Mampu (Dhuafa) di PMB STTPLN

Telah dibuka Pendaftaran Beasiswa Calon Mahasiswa Tidak Mampu (Dhuafa) di PMB STTPLN

Posted by MisterSeekers.com
18 August 2019

Telah dibuka Pendaftaran Beasiswa Calon Mahasiswa Tidak Mampu (Dhuafa) di PMB STTPLN
Beasiswa STTPLN

Sekolah Tinggi Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (Persero) disingkat STT-PLN beroperasi sejak tahun 1998, pengelola STT-PLN adalah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN disingkat YPK PLN. YPK PLN didirikan oleh PLN pada tahun 1998. Tujuan Utama mendirikan STT-PLN adalah membentuk wadah bagi para pakar PLN untuk mentransfer ilmunya kepada generasi penerus. PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar dan juga sebagai penyedia tenaga listrik (infrastruktur) merupakan BUMN yang strategis dan padat teknologi. Sampai decade 1970-an, pembangkit utama PLN didominasi dengan PLTA. Bendungan-bendungan terbesar di Indonesia untuk pembangkit tenaga listrik dibangun dan dioperasikan oleh PLN. Masa itu, mencatatkan nama besar seorang pakar di bidang teknik sipil yaitu Prof. DR. Ir. Sedyatmo. Beliau adalah alumnus ITB yang mencatatkan 2 patent di bidang keakhliannya dan sempat menjadi Direktur Pembangunan PLN.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi listrik, pembangkit listrik skala besar menggunakan bahan bakar minyak mulai dibangun. Tahun 1980-an, peran pembangkit bertenaga air mulai menyusut digantikan pembangkit skala besar energi alternatif yaitu batubara. Mesin-mesin konversi energi, pembangkit tenaga listrik, seperti unit pembangkit listrik tenaga uap, tenaga gas dan panas bumi dengan daya terpasang sampai 600 MW juga dimiliki PLN.

Pertumbuhan yang sangat cepat mendorong kelahiran sistem interkoneksi di Pulau Jawa dan Bali. Jaringan tenaga listrik dengan tegangan tinggi 70 kV, 150 kV, 275 kV dan 500 kV dengan panjang ribuan kilometer dimiliki dan dioperasikan PLN. Untuk itu, masuklah era pengendalian beban sistem se Jawa-Bali berbasis SCADA yang berpusat di Gandul. Pada giliran berikutnya sistem interkoneksi Sumatera dan Kalimantan mulai beroperasi.

Di sisi hilir, sistem distribusi dengan tegangan 20 kV meningkat pesat. Bukan hanya di kota-kota besar saja, jaringan distribusi mulai menyebar ke desa-desa, mengikuti pertumbuhan beban. Sebagai contoh dapat disebutkan, dari Anyer sampai Cirebon di Jawa Barat tumbuh menjadi kawasan industri yang padat beban. SCADA, sistem kendali berbasis komputer, dipakai untuk keperluan operasi sistem jaringan distribusi tenaga listrik.

Pada ujung akhir, muara dari seluruh kegiatan operasional PLN, adalah Pelayanan Pelanggan yang meningkai 2 kali setiap 10 tahun. Tahun 2011 tercatat 40 juta pelanggan, angka penjualan 150 trilyun rupiah, diwarnai dengan tuntutan keandalan dan ketersebaran lokasinya melahirkan kompleksitas manajemen jaringan dan administrasi pelanggan. Itu semua, konvergen menuju ke satu titik, yaitu pelayanan berbasis sistem informasi modern.

Dengan latar belakang seperti di atas, tergambar dengan jelas ketersediaan tenaga terampil dari disiplin keteknikan sampai sistem informatika, sepanjang waktu menjadi keharusan. Tanpa bermaksud meremehkan disiplin keilmuan lainnya, keakhlian teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin dan informatika menjanjikan lapangan pekerjaan yang berkesinambungan untuk industri ketenagalistrikan di Indonesia. Untuk itulah peran STTPLN didirikan.

Yayasan Baitul Maal PLN Memberikan Subsidi Lebih dari 1 Milyar untuk Mahasiswa Baru STT-PLN Tahun ajaran 2019/2020. Program ini dikhususkan untuk Calon Mahasiswa Baru yang tidak Mampu (dhuafa).

Kuota Beasiswa Sebanyak 40 Orang

Pendaftaran Program dimulai Pada:
  • Tanggal 17 Agustus hingga 19 Agustus 2019
  • Seleksi Berkas dan Pengumuman Pada Tanggal 20 Agustus 2019.
  • Wawancara Tanggal 22 Agustus 2019
  • Pengumuman Kelulusan Tanggal 23 Agustus 2019
  • Pemberkasan tanggal 24 Agustus 2019

Prosedur Pendaftaran Online:
       Lakukan pendaftaran pada Menu Registrasi diatas, kemudian isilah seluruh form-form yang ditampilkan mulai dari form biodata pribadi, form data orang tua dan form asal sekolah SMA/K.
       Jika Anda mendaftar jenjang S2/Pascasarjana maka isian Asal Perguruan Tinggi harus diisi begitu juga untuk Jenjang S1 khusus Pindahan dari Perguruan Tinggi lain. Seluruh isian harus diisi dengan data-data yang sebenarnya sesuai dengan berkas-berkas (KTP/Ijazah) yang dimiliki.
        Photo yang diupload adalah Pas Photo (bukan Selfie), ukuran (filesize) photo usahakan tidak besar untuk mencegah proses upload yang menjadi lama yang bisa menyebabkan kegagalan.
        Apabila seluruh pengisian benar, maka layar akan menampilkan status notifikasi pendaftaran, simpan atau print notifikasi tersebut sebagai instruksi selanjutnya. Notifikasi juga disampaikan melalui email yang Anda masukan.

Proses Pembayaran:
       Perhatikan Notifikasi pada Tahap 1, disampaikan bahwa Anda harus melakukan pembayaran di Bank sesuai pilihan Anda pada saat pendaftaran.
        Setelah melakukan pembayaran, Anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran pembelian formulir PMB, pihak STT-PLN akan mengirimkan Notifikasi melalui email Anda. Menu Konfirmai Pembayaran di-khususkan untuk konfirmasi pembayaran uang kuliah setelah Anda dinyatakan LULUS Ujian Saringan Masuk (USM).
        Saat Anda membayar di Bank, Anda akan mendapatkan KODE PIN, Kode PIN ini akan menjadi PASSWORD Anda untuk berbagai akses seperti :
   1. Pemilihan Periode/Tgl/Lokasi sebagai Peserta Ujian Saringan Masuk
   2. Mencetak Kartu Peserta USM
   3. Mencetak Surat Lulus Seleksi

Hasil Seleksi:
       Hasil Seleksi USM dapat Anda cetak yang terdapat pada Menu Kartu & Seleksi, isilah No.Registrasi dan Kode PIN, lalu klik tombol 'Cetak Hasil Seleksi'.
       Bentuk hasil seleksi akan tampil pada jendela/tab baru pada browser dan perhatikan isu tentang Pop Up Blocker yang harus diijinkan (Allow).
       Jika dinyatakan Lulus USM, Anda wajib masuk ke laman http://registrasi.pmb.sttpln.ac.id silahkan klik hanya DI HALAMAN INI Laman ini digunakan untuk melakukan:
1. Pengajuan Model Pembayaran (Lunas/Angsuran)
2. Konfirmasi Pembayaran
3. Upload dokumen-dokumen persyaratan.

Sumber Informasi: Instagram/STTPLN