Undangan Wawancara Palsu: Bagaimana “Mereka” dengan Calon Korbannya?

Undangan Wawancara Palsu: Bagaimana “Mereka” dengan Calon Korbannya?

Posted by MisterSeekers.com
21 November 2018

Undangan Wawancara Palsu: Bagaimana “Mereka” Mendapatkan Kontak Calon Korbannya?
   
Undangan Wawancara Palsu: Bagaimana “Mereka” Mendapatkan Kontak Calon Korbannya?. Jika Anda mendapatkan undangan wawancara dari suatu perusahaan, hal yang pertama sekali Anda pastikan adalah riwayat lamaran Anda dan posisi yang Anda lamar.

Apakah benar Anda merasa pernah melamar di perusahaan untuk posisi tertentu yang undangan wawancaranya baru saja Anda terima.

Untuk step selanjutnya, Anda bisa kroscek di website perusahaan tersebut bagian karier, apakah benar sedang membuka perekrutan.

Baca juga:

Asal Kontak Calon Korban

Beberapa laporan yang JobStreet terima menyatakan bahwa mereka mendapatkan undangan wawancara tidak lama setelah apply job via JobStreet.com. Apakah ini bisa dikatakan bahwa JobStreet.com yang melakukan penipuan? Mohon simak runutannya dibawah ini.


Untuk memudahkan, sebut saja undangan wawancara tesebut berasal dari perusahan bonafit / BUMN, PT. X, Tbk. Setiap perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja di JobStreet.com mendapatkan akses untuk mengolah kandidat berupa akun yang dilengkapi dengan Log-in & Password. Penipu dengan segala akalnya berupaya masuk ke akun PT. X, Tbk. untuk mendapatkan data pelamar yang apply di PT. X, Tbk..

Baca juga:

Yang sering terjadi, penipu mencoba menghubungi HRD PT. X, Tbk., mengaku sebagai karyawan JobStreet.com & meminta Log-in ID & Password akun Jobstreet PT. X, Tbk. dengan alasan maintenance atau iklan lowongan yang baru saja tayang bermasalah, sehingga butuh di back up. Sebagai informasi, hingga saat ini karyawan JobStreet.com tidak pernah dan tidak memperbolehkan menanyakan Log-in ID & Password akun perusahaan dengan alasan apapun.

Ketika penipu mendapatkan Log-in ID & Password, mereka dengan leluasa mengambil data diri kandidat yang melamar di PT. X, Tbk. Pada beberapa kasus, penipu bahkan mengubah Company Profile perusahaan tersebut menjadi Company Profile salah satu perusahaan bonafit / BUMN Indonesia, dan memasang iklan lowongan pekerjaan. Bagaimana agar lowongan tersebut menarik kandidat secara masal? Mudah, cukup tawarkan gaji tinggi untuk level middle / fresh graduate. Dari database pelamar tersebut, penipu mendapatkan kontak pelamar untuk selanjutnya dikirimkan undangan wawancara palsu.

***

Tingkatkan kewaspadaan Anda, karena momentum “karyawan resign” setelah lebaran sudah dimulai, banyak karyawan yang mulai sibuk memperbarui CV dan apply, namun momentum ini juga di gunakan dengan sebaik baiknya oleh para penipu. Dikutif dari laman resmi jobstreet.co.id berjudul: Undangan Wawancara Palsu: Bagaimana “Mereka” Mendapatkan Kontak Calon Korbannya?