Menkominfo Rudiantara: Saya Tak Ragu Blokir Facebook



Menkominfo Rudiantara: Saya Tak Ragu Blokir Facebook. JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan tidak akan ragu menutup akses Facebook di Indonesia. Dia memberikan ancaman tersebut jika terbukti ada data pengguna Facebook dari Indonesia yang disalahgunakan serta mereka tidak mampu menindak hoax selama pemilihan mendatang. “Jika saya harus menutupnya (Facbook), maka saya akan melakukannya. Saya pernah melakukannya (red : memblokir Telegram). Saya tidak ragu untuk melakukannya lagi,” tegas Rudiantara seperti dikutip dari laman Bloomberg, Rabu (4/4/2018).

Rudiantara juga mengatakan jika terbukti bahwa perusahaan ciptaan Mark Zuckerberg tersebut tidak dapat melindungi data pribadi masyarakat Indonesia, maka Facebook dapat dikenakan hukuman berat, yang merujuk kepada Keputusan Menteri terkait perlindungan data pribadi yang dikeluarkan 2016.

“Ada sanksi administratif. Saya bisa mengeluarkan surat peringatan kepada mereka. Juga akan ada sanksi pidana,” jelasnya.

Karyawan Facebook bisa terancam hukuman kurungan hingga 12 tahun dan denda hingga Rp12 miliar. "Saya harap tidak ada data pribadi pengguna Facebook Indonesia yang digunakan oleh Cambridge Analytica. Kalau memang disalahgunakan, saya bisa mengejar mereka, minta bantuan polisi," tegas Rudiantara.

Di sisi lain, Rudiantara juga menjelaskan jika pihaknya kini juga sedang meminta komitmen Facebook untuk menjaga penyebaran hoax, serta menambah keamanan informasi pengguna Facebook Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat sebentar lagi Indonesia akan masuk ke tahun politik.

Rudiantara merasa khawatir, dikarenakan adanya potensi kekuatan domestik dan eksternal yang menggunakan data media sosial untuk menargetkan pemilih individu dalam pemilu di Indonesia.

Dia juga prihatin mengenai penggunaan media sosial untuk menyebarkan hoax sebagai cara mempengaruhi pemilih, seperti dugaan adanya permainan dari pihak Rusia dalam jajak pendapat Amerika pada 2016.

"Saya harus berhati-hati, apakah itu internal dari dalam negeri atau di luar negeri. Tetapi yang paling penting adalah kita harus melihat kontrol untuk platform,” ujar Rudiantara.

Terakhir, Rudiantara pun memiliki wejangan sederhana bagi Facebook dan juga perusahaan media sosial lainnya terkait masalah yang terjadi saat ini.

"Jika Anda tidak dapat mengelola platform Anda untuk mendukung stabilitas Indonesia, ini berarti niat Anda untuk berada di Indonesia bukan untuk bisnis, melainkan untuk sesuatu yang lain,” kata dia.

Sekedar informasi, Kominfo sudah melakukan kontak dengan pihak Facebook dengan menggunakan surat resmi. Mereka meminta kejelasan dari Facebook, apakah ada data pengguna Facebook Indonesia yang disalahgunakan atau tidak.
Menkominfo Rudiantara: Saya Tak Ragu Blokir Facebook

Pihak Facebook pun sudah merespon surat tersebut. Mereka menjanjikan akan ada surat balasan resmi selambat-lambatnya pada pekan ini. (chn)




lowongan kerja slta sederajat (100+), lowongan kerja lulusan diploma (110+), lowongan kerja lulusan sarjana (102+), lowongan kerja nasional (112+)

Gabung di Channel Resmi Kami:
Google Plus Follow
Instagram Follow
Facebook Fanspage Like and Follow
Youtube Channel SUBSCRIBE
Twitter Follow
Blogger Follow Now
Setiap Hari Kami Update Berita dan Info Lowongan Kerja SMA SMK Diploma Sarjana BUMD BUMN Swasta Kementerian dan Lembaga Untuk Seluruh Wilayah Indonesia..

ARSIP : Tahun 2017 January 2018 February 2018 Maret 2018 April 2018 Mei 2018 Juni 2018 Juli 2018 Agustus 2018 September 2018 Oktober 2018 November 2018 Desember 2018

You Might Also Like :
Previous
Next Post »


    OUR SPONSOR :