Berita Gembira Kemenaker RI - Khusus Lulusan SD dan SMP Akan di Dukung Pemerintah dalam Mendapatkan Info Pekerjaan dengan Mudah




Kategori Informasi : 
Berita, Nasional, Aplikasi Pencari Kerja, Kemenaker, SD dan SMP, Teknologi,

Judul Informasi :

Simak Informasinya dengan Seksama dibawah ini.

Berita Gembira Kemenaker RI - Khusus Lulusan SD dan SMP Akan di Dukung Pemerintah dalam Mendapatkan Info Pekerjaan dengan Mudah

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Muhamad Hanif Dhakiri mengatakan akan meluncurkan aplikasi pasar tenaga kerja pada awal bulan Mei 2017. Menurut Hanif, aplikasi itu dibuat untuk memudahkan pencari kerja menemukan pekerjaan idaman. 

"Aplikasi ini diperuntukkan bagi pencari kerja menengah ke bawah, yang hanya lulusan SD dan SMP," kata Hanif, saat melepas 670 orang peserta program pemagangan nasional di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (13/4/ 2017).

Aplikasi itu bakal memuat berbagai lowongan pekerjaan. Para pencari kerja tinggal mengunduh dan mencari pekerjaan yang diinginkan. "Mudah-mudahan dapat memudahkan pencari kerja," kata Hanif.

Menurut Hanif, pada 2016, pengangguran di Indonesia mencapai 7,02 juta orang. 2,79 juta diantaranya adalah lulusan SLTP dan SD. Adapun penganggur lulusan SLTA /sederajat mencapai 3,47 juta orang. 

"Rata - rata menganggur karena tidak memiliki keterampilan. Sehingga kita harus mendongkrak jumlah tenaga kerja terampil," kata Hanif. 

Salah satu program pemerintah yang kini diusung adalah program pemagangan nasional. 

"Skema pemagangan terus dibuka lebar supaya masyarakat dengan pendidikan terbatas miliki prospek di pasar tenaga kerja," kata dia. 

Di Karawang, program pemagangan angkatan pertama ini berjumlah 670 orang. Mereka akan bekerja di 22 perusahaan di kawasan industri di Karawang. 

"Para peserta bakal magang selama enam bulan, lalu bakal mengikuti uji kompetensi. Jika lulus, para peserta bakal mendapat sertifikat kerja," kata Hanif.

Mereka akan diprioritaskan menjadi karyawan tetap jika performanya kerjanya baik. Selama magang, para peserta magang bakal mendapat jaminan hak tenaga kerja, jaminan kesehatan, dan uang saku sebesar 60 persen dari UMK Karawang, atau senilai Rp 2.160.000. 

"Jadi belum tentu diangkat jadi karyawan," ungkap Hanif. 

Salah satu peserta magang adalah Rosi Rahmarus Solihat. Alumnus SMA I Telagasari itu bakal magang di PT Onamba Indonesia. Rencananya, di pabrik yang memproduksi wire harness itu, Rosi bakal bekerja di bagian visual checking. 

"Alhamdulillah sekarang tidak menganggur lagi," kata Rosi. (dna/dna)

Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.

Sumber :



lowongan kerja slta sederajat (100+), lowongan kerja lulusan diploma (110+), lowongan kerja lulusan sarjana (102+), lowongan kerja nasional (112+)

Gabung di Channel Resmi Kami:
Google Plus Follow
Instagram Follow
Facebook Fanspage Like and Follow
Youtube Channel SUBSCRIBE
Twitter Follow
Blogger Follow Now
Setiap Hari Kami Update Berita dan Info Lowongan Kerja SMA SMK Diploma Sarjana BUMD BUMN Swasta Kementerian dan Lembaga Untuk Seluruh Wilayah Indonesia..

ARSIP : Tahun 2017 January 2018 February 2018 Maret 2018 April 2018 Mei 2018 Juni 2018 Juli 2018 Agustus 2018 September 2018 Oktober 2018 November 2018 Desember 2018

You Might Also Like :
Previous
Next Post »


    OUR SPONSOR :