OKES - PNS Kabupaten OKU Induk Baturaja Terancam tak Gajian Tiga Bulan




PNS Kabupaten OKU Terancam tak Gajian Tiga Bulan
BATURAJA TIMUR – Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Peribahasa ini sepertinya cocok untuk menggambarkan situasi yang akan dihadapi ribuan PNS di Kabupaten OKU dalam tiga bulan ke depan. 
OKES - PNS Kabupaten OKU Terancam tak Gajian Tiga Bulan
OKES - PNS Kabupaten OKU Terancam tak Gajian Tiga Bulan

Pasalnya, selain Tambahan Penghasilan PNS (TPP) Oktober–Desember tahun yang tidak dapat dibayar pemerintah, kini giliran gaji untuk periode yang sama terancam tak dibayar. Penyebabnya pun sama, yaitu defisit anggaran yang tengah dihadapi Pemerintah Kabupaten OKU.

Dengan begitu, PNS harus siap-siap mengencangkan ikat pinggang dan pintar-pintar mengatur pengeluaran untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama tiga bulan mendatang. Sudah tentu hal ini akan menjadi masalah besar bagi para PNS.

PNS Kabupaten OKU Terancam tak Gajian Tiga Bulan
“Pusing nian, TPP la idak dibayar. Ini ada kabar lagi gaji Oktober-Desember juga tidak dibayar. Lokak stres,” gerutu salah satu pegawai di Setda OKU.

Ia mendapat kabar, penyebab gaji PNS untuk tiga bulan mendatang yang tak dibayar adalah nilai anggaran Pemerintah Kabupaten OKU yang defisit mencapai miliaran rupiah.

Selain itu, transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah belum jelas. Sementara itu, keuangan Pemerintah Kabupaten OKU masih tergantung pada transfer dana pemerintah pusat. “Informasi yang beredar gaji triwulan keempat tahun ini baru akan dibayarkan rapel pada Januari 2017 mendatang,” katanya.

Keluhan yang sama juga disampaikan pegawai yang lain. Jika isu gaji PNS Oktober-Desember tahun ini benar tak dibayar pemerintah, ia mengaku mendapat musibah besar dua kali.

PNS Kabupaten OKU Terancam tak Gajian Tiga Bulan
Musibah pertama TPP selama tiga bulan tidak dibayar, sedangkan musibah kedua adalah gaji selama tiga bulan juga tidak dibayar pemerintah. “TPP hilang, gaji tiga bulan tak dibayar pulo,” katanya dengan nada mengeluh.

PNS pun berharap Pemerintah Kabupaten OKU dapat mencari solusi atau mempersiapkan langkah antisipatif terkait kabar penundaan pencairan gaji Oktober-Desember tahun ini. Jika tidak ada langkah antisipasi, maka akan berimbas pada sekitar tujuh ribu PNS di Kabupaten OKU yang terancam tak gajian selama tiga bulan. Yakni Oktober, November dan Desember 2016.HARIAN OKU

“Yang lebih parah lagi, kinerja dan disiplin PNS pasti akan merosot karena bekerja tanpa menerima gaji. Sisip dikit pegawai akan mencari pekerjaan sampingan untuk dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” sebutnya.

Kepala BPKAD OKU AM Hanafi SE saat dikonfirmasi tidak menampik kekhawatiran para pegawai tersebut. Menurutnya, penundaan pembayaran gaji PNS untuk tiga bulan mendatang bisa saja terjadi. Pasalnya, kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten OKU tidak menentu akibat transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah hingga saat ini belum ada kepastian.

PNS Kabupaten OKU Terancam tak Gajian Tiga Bulan
Sedangkan untuk membayar gaji sekitar tujuh ribu PNS selama Oktober-Desember tahun ini Pemerintah Kabupaten OKU harus menyiapkan dana sebesar Rp100 miliar. “Bisa saja begitu, karena bagaimana mau membayar gaji kalau dananya tidak ada. Gaji baru bisa dibayar kalau dananya siap,” kata Hanafi.HARIAN OKU

Ia mengungkapkan, langkah yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU agar gaji PNS untuk Oktober-Desember tetap dibayar, maka pemerintah akan menunda pembayaran belanja modal dan kegiatan lainnya.

Hal ini sesuai arahan Bupati OKU agar gaji PNS untuk Oktober-Desember harus tetap dibayar. ”Soal asal sumber dananya masih dicari,” terang Hanafi.

Penundaan pembayaran gaji PNS tiga bulan terakhir tahun ini bukan hanya terjadi di Kabupaten OKU, melainkan di seluruh kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia. “Semua daerah begitu sebab daerah memang mengandalkan alokasi DAU (Dana Alokasi Umum) untuk membayar gaji PNS,” tegas Hanafi. 

BACA JUGA : Ternyata Gaji PNS OKU Baturaja Tetap dibayarkan

Referensi :
PNS Kabupaten OKU Terancam tak Gajian Tiga Bulan http://www.harianokuselatan.com/harian-oku/pns-kabupaten-oku-terancam-tak-gajian-tiga-bulan/



lowongan kerja slta sederajat (100+), lowongan kerja lulusan diploma (110+), lowongan kerja lulusan sarjana (102+), lowongan kerja nasional (112+)

Gabung di Channel Resmi Kami:
Google Plus Follow
Instagram Follow
Facebook Fanspage Like and Follow
Youtube Channel SUBSCRIBE
Twitter Follow
Blogger Follow Now
Setiap Hari Kami Update Berita dan Info Lowongan Kerja SMA SMK Diploma Sarjana BUMD BUMN Swasta Kementerian dan Lembaga Untuk Seluruh Wilayah Indonesia..

ARSIP : Tahun 2017 January 2018 February 2018 Maret 2018 April 2018 Mei 2018 Juni 2018 Juli 2018 Agustus 2018 September 2018 Oktober 2018 November 2018 Desember 2018

You Might Also Like :
Previous
Next Post »


    OUR SPONSOR :