Khabar Gembira Bagi Pelaku Usaha, Pemerintah Akan Permudah Skema Perizinan UMKM



BATURAJA - Pemerintah Melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Menyatakan akan Mempermudah Usaha Mikro dan Kecil dengan Mengubah Skema Perizinan.

Jadi Kedepannya Para Pelaku Usaha Hanya Cukup Mendaftar saja untuk Usaha Mikro dan Kecil. Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga Mengatakan, Pemerintah akan Merevisi Perpres Nomor 98 Tahun 2014 Tentang Izin Usaha Mikro Kecil. "Rapat tadi Mengenai Perpres Nomor 98 Tahun 2014 Yang isinya Izin Usaha Mikro Kecil Pelimpahan Kewenangan dari Bupati Walikota  ke Camat untuk Mengeluarkan Izin Usaha Mikro Kecil. Sekarang disederhanakan lagi, tidak izin lagi cukup didaftar, beda karena daftar sama izin beda," kata dia, di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/3).

Kementrian Koperasi dan UMKM akan lebih Mempermudah Skema Perizinannya, yaitu dari Membuka Izin Menjadi Hanya Mendaftar untuk usaha Mikro dan Kecil. Hal tersebut dilakukan guna Memperbaiki iklim berusaha di Indonesia sesuai index Penilaian Bank Dunia terhadap Easy of Doing Bussiness (EODB).

Dia juga Menuturkan, Langkah tersebut Mengikuti Langkah yang sudah ditempuh lebih dahulu oleh Pemerintah Kota Bandung. "Dipermudahkan kayak di Bandung yang dua minggu lalu kita Launching dengan Pak Ridwan Kamil. Jadi masyarakat cukup mendaftar saja, karena daftar bukan izin," tutur dia. Pemerintah sendiri, juga sedang mengkaji Mekanisme Pendaftaran Usaha Mikro dan Kecil kedepannya. Di Bandung sendiri, ia menuturkan Pendaftaran Usaha Melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dia berharap Langkah ini akan Mempercepat usaha Mikro dan Kecil.

Selama ini, Lamanya Izin Usaha Mikro Kecil tergantung dari Masing-Masing Daerah. "Di Bandung bisa Pakai Ponsel, daftar sudah selesai. Langsung daftar masuk, kita harapkan online cuma kalau belum online masih manual. Artinya suatu usaha pemerintah menyederhanakan lagi," tutur dia.

Kebijakan efektif yang ditempuh Pemerintah saat ini adalah melalui Sinkronisasi Peraturan Lama serta Memberikan Kemudahan Start-up Berbasis IT yang Feasible (Layak) juga Bankable.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa implementasi dari Kebijakan izin usaha menuju daftar usaha ini sudah dipelopori oleh Pemerintah kota Bandung dengan Peluncuran Aplikasi Pendaftaran UMKM secara online bernama Gampil (Gadget Mobile Application for License) Pada akhir Februari 2016.

Pelaku UMKM dapat Mengakses Aplikasi Gampil secara mudah dengan Mengunduhnya lewat PlaySore dan App Store di Gadget Masing-Masing. Jadi, Perizinan UMKM yang sebelumnya ditempuh Melalui Camat dan Walikota atau Bupati Wilayahnya Masing-Masing, kini Sistem Perizinan tersebut mulai ditinggalkan oleh Pelaku Usaha di Kota Bandung.

Source : Blog Loker UP2DATE




lowongan kerja slta sederajat (100+), lowongan kerja lulusan diploma (110+), lowongan kerja lulusan sarjana (102+), lowongan kerja nasional (112+)

Gabung di Channel Resmi Kami:
Google Plus Follow
Instagram Follow
Facebook Fanspage Like and Follow
Youtube Channel SUBSCRIBE
Twitter Follow
Blogger Follow Now
Setiap Hari Kami Update Berita dan Info Lowongan Kerja SMA SMK Diploma Sarjana BUMD BUMN Swasta Kementerian dan Lembaga Untuk Seluruh Wilayah Indonesia..

ARSIP : Tahun 2017 January 2018 February 2018 Maret 2018 April 2018 Mei 2018 Juni 2018 Juli 2018 Agustus 2018 September 2018 Oktober 2018 November 2018 Desember 2018

You Might Also Like :
First


    OUR SPONSOR :